Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Hay friends, I Santa Mars
Nama asli ane Marsyanta
Welcome to my blog
I am Indonesian people
aye Ingin sekali jadi orang terkenal :D
Hopefully all useful
Thank you .




Navbar Bawah

Apa Itu Virus Komputer ?



     Virus komputer adalah sebuah program kecil yang mempunyai kemampuan mengandakan dirinya sendiri dan bersifat mengganggu serta merusak komputer yang terinfeksi olehnya. Virus komputer biasanya menempel pada file atau program tertentu. Virus kemudian menggandakan diri atau melakukan aktivitasnya apabila file atau program yang sudah dijangkiti tersebut dijalankan. Kemampuan mengganggu dari virus komputer sangat bermacam-macam. Ada virus komputer yang hanya sekedar menyampaikan pesan dilayar monitor komputer yang dijangkitinya. Virus yang ganas akan menghabiskan memori komputer untuk menjalankan aktivitasnya, atau menghabiskan tempat penyimpanan karena terus mengandakan diri. Virus yang lebih ganas lagi mampu merusak program, menghapus file-file tertentu dan bahkan merusak hardware komputer. Program kecil yang merusak tersebut virus karena sifat dan karakteristiknya yang mirip dengan virus yang Anda kenal dalam istilah biologi. Sifat-sifat dan karakteristik tersebut antara lain sebagai berikut.

(1) berukuran sangat kecil dibanding korbannya, 
(2) mempunyai kemampuan menggandakan diri sendiri, 
(3) membutuhkan korban agar tetap hidup dan 
(4) membutuhkan medium tertentu untuk menyebar.

     Bagaimana mengetahui komputer sudah dijangkiti virus? Beberapa virus menyebabkan timbulnya hal-hal ganjil dalam kinerja komputer. Misalnya, jalannya proses yang lebih lambat dari biasanya, memori yang berkurang, harddisk yang penuh secara-tiba-tiba, lampu harddisk menyala tanpa alasan, komputer yang tiba-tiba me-restart, dan masih banyak lagi. Sebagai virus dapat diketahui langsung dari tampilan yang ditunjukkan, namun sebagian tidak menampilkan wujudnya saat menyerang korbannya, dan Anda baru sadar pada saat sudah terjadi kerusakan yang sangat fatal. Virus terus menyebar dari satu komputer ke komputer yang lain.   Disket yang berpindah dari komputer ke komputer yang lain merupakan salah satu media bagi virus untuk menyebar. Rental komputer dan warung internet merupakan sarang bagi virus untuk menyebar. Saat ini, internet juga menjadi alat bagi virus untuk menyebar. E-mail merupakan alat penyebar yang sangat cepat dan dapat terkirim dari satu komputer ke komputer lain di seluruh dunia.

     Berbagai perangkat lunak telah tersedia sebagai penangkal terhadap serangan virus. Program antivirus bekerja dengan cara melakukan scanning terhadap file dan mencocokan hasil scanning dengan ciri-ciri virus yang terdapat di basis datanya. Namun tidak semua virus dapat dihilangkan dengan antivirus. Beberapa jenis virus melakukan penipuan (overwrite) terhadap file yang ditularinya. File yang terjangkit virus jenis ini mustahil untuk dapat diperbaiki dan satu-satunya cara adalah dengan menghapus file tersebut.